Minggu, 25 Maret 2012

Prinsip Dasar Mesin 4-Tak Mesin Bensin

Prinsip Dasar dari Mesin Bensin 4-Tak untuk membangkitkan tenaga guna menggerakkan kendaraan, terdiri atas 4 langkah yang di lakukan secara berulang yaitu :
 
  1. Langkah Hisap ( Intake Stroke )
  2. Langkah Kompresi ( Compression Stroke )
  3. Langkah Pembakaran ( Combustion Stroke )
  4. Langkah Buang ( Exhaust Stroke )

ket gambar : 1.katup hisap, 2.Busi, 3.katup buang, 4.Ruang Bakar, 5.Piston

Dalam satu siklus Langkah Mesin 4-Tak  terdiri dari 4 langkah piston, 2 putaran crankshaft, dan 1 putaran camshaft yang akan menghasilkan satu kali pembakaran atau usaha untuk menggerakkan kendaraan.

Langkah Hisap
sdasdasdasd
Langkah Kompresi
Pada saat Langkah ini katup Hisap terbuka dan katup Buang menutup. Piston bergerak dari TMA ke TMB sehingga campuran udara dan bahan bakar dapat terhisap (masuk) ke dalam ruang bakar.
 Pada saat Langkah ini katup Hisap dan katup Buang tertutup. Piston bergerak dari TMB ke TMA sehingga akan terjadi pemampatan (kompresi) campuran udara bahan bakar yang mengakibatkan terjadinya kenaikan tekanan dan temperatur di dalam ruang bakar.



 Langkah Usaha

 Pada saat Langkah ini katup Hisap dan katup Buang masih tertutup. Piston bergerak dari TMA ke TMB karena adanya usaha pembakaran di dalam ruang bakar. Usaha ini terjadi karena ketika beberapa derajat (0-10 derajat) sebelum TMA saat langkah kompresi, busi akan memercikkan api yang akan membakar campuran udara dan bahan bakar yang bertekanan dan bertemperatur tinggi sehingga terjadi ledakan pembakaran yang akan mendorong piston dari TMA ke TMB

Langkah Buang


Pada saat Langkah ini katup Hisap tertutup dan katup Buang terbuka. Piston bergerak dari TMB ke TMA yang akan membuang gas sisa hasil pembakaran pada saat langkah Usaha.





*note : TMA = Titik mati atas :  titik dimana Piston berada pada posisi paling atas

           TMB = Titik mati bawah : titik dimana Piston berada pada posisi paling bawah

kritik & saran : dede.babon@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar